Jumat, 15 Desember 2017

Natal dan Tahun Baru 2018 KAJI Unit DPRD Sumut bagikan 100 paket untuk napi LP Tanjung Gusta



Sebutan Lapas ataupun narapidana (napi) sebenarnya tidaklah seperti yang dibayangkan banyak orang. Seram, kehidupan keras, banyak pelaku-pelaku kejahatan yang tinggal di sana menjalani masa hukuman mereka sesuai putusan pengadilan karena tindak kejahatannya. Namun, Komunitas Aksi Jurnalis Independen (KAJI) Unit DPRD Sumut menilai berbeda stigma tersebut, bagi paguyuban jurnalis ini narapidana juga merupakan manusia yang berhak untuk dapat merayakan hari besar keagamaan mereka, seperti perayaan Natal tahun ini.

Untuk itulah, KAJI Unit DPRD Sumut mendatangi Lapas Kelas I Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara guna merayakan Natal bersama narapidana dengan agenda ibadah Natal sekaligus membagikan 100 paket Natal berupa mie instan, perlengkapan mandi, serta biskuit untuk mereka.
Ketua KAJI Unit DPRD Sumut, Budiman Pardede kepada Kontributor Elshinta, Prasetyo, Senin (11/12) menyampaikan, kegiatan ini merupakan semangat kasih untuk merayakan Natal bersama para narapidana. Meskipun disinggung, Budiman tidak memiliki anggaran untuk mengadakan paket Natal tersebut namun atas semangat dan bantuan dari para dermawan. 
"Kami tidak punya uang, tapi kami punya semangat untuk merayakan Natal bersama para narapidana di sini," ungkapnya.
Aksi sosial ini juga merupakan bentuk pembuktian bahwa jurnalis tidak hanya sekedar meliput dan membuat karya berupa berita lalu dipublikasi. Namun, jurnalis harus juga menghasilkan karya yang peduli terhadap orang-orang yang kesepian di tengah-tengah keramaian.
Sementara itu Kepala Lapas Kelas I Medan, Asep Syarifuddin melalui Kepala Bidang Pembinaan LP Kelas I Tanjung Gusta Medan, TA Barus menyampaikan, terima kasih dan merespon positif terhadap kegiatan ini. Terlebih, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian yang tulus dari KAJI Unit DPRD Sumut terhadap orang-orang yang berada di dalam lapas.
"Kami ucapkan terima kasih karena ada banyak juga warga binaan di Lapas Kelas I ini yang hingga perayaan Natal ini tidak dikunjungi oleh keluarga mereka," tuturnya.
Salah satu narapidana di Lapas Kelas I Tanjung Gusta Medan, Lambok Simangunsong mengaku senang dan mengucapkan terima kasih terhadap pelaksanaan perayaan Natal oleh KAJI Unit DPRD Sumut. Sebab, ini kali pertama mereka merayakan Natal seperti yang diadakan oleh KAJI Unit DPRD Sumut. 
"Kami biasanya merayakan Natal di Gereja yang di belakang Lapas," tukasnya. 
(Laman asli dari https://elshinta.com/news/129925/2017/12/11/kaji-unit-dprd-sumut-bagikan-100-paket-untuk-napi-lp-tanjung-gusta)

0 komentar:

Posting Komentar